Friday , February 26 2021
Home / Keluarga / Pernikahan Sehat

Pernikahan Sehat

Oleh Pdt. Henoch Edi Haryanto

Memiliki pernikahan sehat memang menjadi dambaan setiap pasangan atau keluarga. Pernikahan yang sehat akan memunculkan keluarga yang harmonis. Anda dan anak-anak pun akan merasa nyaman dan bahagia dalam keluarga. Ciri-ciri pernikahan sehat adalah adanya sikap saling mencintai dan menghormati secara tulus. Segala permasalahan yang muncul dalam rumah tangga bisa dibicarakan baik-baik dan diselesaikan berdua juga menjadi ciri-ciri pernikahan yang sehat. Selain itu, pernikahan yang sehat bebas dari perselingkuhan serta memang memiliki tujuan atau niat berumah tangga yang baik.

Empat Tips Pernikahan yang Sehat :

Pertama : Sikap teguh menjaga komitmen pernikahan. Menjaga komitmen harus dimiliki oleh masing-masing suami dan istri. Komitmen adalah keputusan yang telah Anda ambil saat menikah dulu. Ini adalah janji seumur hidup Anda untuk mencintai satu orang baik dalam suasana senang atau sedih. Dengan selalu mengingat janji komitmen maka Anda akan selalu berusaha mempertahankan keutuhan pernikahan apapun kondisinya.

Kedua: Tetap menjaga sikap saling mempercayai. Kepercayaan akan menjauhkan pernikahan dari sikap curiga. Rasa saling percaya juga membentuk sikap bertanggung jawab untuk menjaga kepercayaan yang diberikan oleh pasangannya. Dengan kepercayaan, pasangan bisa saling mengandalkan dan akan semakin menguatkan ikatan penikahan.

Ketiga: Menghabiskan waktu bersama dengan pasangan. Waktu bersama menjadi hal yang sangat penting untuk menciptakan pernikahan yang langgeng. Sering bersama dengan pasangan Anda akan memperkuat hubungan antar suami istri. Selain itu, hal ini juga bisa memunculkan kemesraan sebagai bumbu pemanis hubungan Anda dan pasangan.

Keempat: Menjaga komunikasi. Dengan tips ketiga di atas yakni memiliki waktu bersama, Anda bisa mengisi kebersamaan dengan berkomunikasi. Komunikasi adalah keterbukaan dari hati ke hati. Dengan komunikasi, Anda berdua juga akan mampu untuk menyelesaikan pertengkaran dengan baik. Setiap muncul konflik dalam pernikahan Anda, jangan tunda-tunda untuk segera menyelesaikan pertengkaran tersebut dan komunikasi adalah salah satu cara ampuhnya. Namun, Anda harus bisa mengesampingkan ego di dalam komunikasi ini. Dengan demikian, setiap perdebatan bisa segera diselesaikan.

Tuhan memberkati

Silahkan share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *